Tapin  

Tingkatkan Kualitas SDM, Kementan dan BPDPKS Latih Petani Sawit Kabupaten Tanah Bumbu

BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melaksanakan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit. (Foto: BBPP Binuang)

Kementerian Pertanian terus mendorong peningkatan produksi dan produktivitas kelapa sawit untuk kesejahteraan petani.

Korankalimantan.com Plt Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan pertanian harus dapat menghasilkan dan meningkatkan kesejahteraan petaninya, tidak hanya mencukupi kebutuhan hidup.

Demi mewujudkan kesejahteraan bagi petani sawit, BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melaksanakan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit.

Giat ini diikuti oleh 68 Petani Sawit yang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, yang telah sesuai dengan daftar Calon Peserta Calon Latih (CPCL).

Peserta pelatihan dibagi dalam 2 angkatan, dan dilaksanakan secara paralel pada tanggal 7 s.d 12 Juli 2024 yang berpusat di BBPP Binuang.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) BPPSDMP Kementerian Pertanian, Muhammad Amin saat membuka pelatihan mengatakan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan produktivitas Pertanian, khususnya perkebunan kelapa sawit. Senin, 08/07/2024.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf mengatakan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi petani sawit yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Eva Lizarmi, Perwakilan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian mengungkapkan terimakasih atas Kolaborasi antar stakeholder terkait sehingga pelatihan ini dapat terlaksana dengan baik.

“BBPP Binuang sebagai salah satu UPT yang dipercaya BPDPKS sebagai penyelenggara pelatihan teknis Budidaya Kelapa Sawit. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu lebih semangat lagi dan lebih giat dalam rangka meningkatkan produktivitas Kelapa Sawit,” ungkapnya.

Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf saat kegiatan mengatakan agar peserta memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan baik.

“Gali ilmu semaksimal mungkin karena narasumber yang kami hadirkan kompeten dibidangnya,” Paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu, Agus Dwi Wahyono mengatakan, harapannya melalui pelatihan teknis budidaya kelapa sawit yang merupakan kegiatan perdana antara BPDPKS dengan BBPP Binuang dapat mampu berjalan maksimal.

(irfan/ABS/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *