Roadshow Kegemaran Membaca Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyelenggarakan roadshow kegemaran membaca. (Foto : Dislimfo Tanbu)

Bertempat di SMAN 1 Simpang Empat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyelenggarakan roadshow kegemaran membaca.

Korankalimantan.com Penyelenggaraan roadshow sebagai inisiasi ‘agen of change’ duta literasi dan kegemaran membaca pada generasi muda.

Manfaat bagi pelajar yaitu demi menyalurkan sikap sadar potensi sebagai duta literasi, belajar menjadi agen perubahan, mengembangkan inovasi, menginspirasi untuk gemar membaca, sekaligus meningkatkan problem solving di masyarakat.

Kepala Dispersip Kabupaten Tanbu, Yulia Rahmadhani diwakili oleh Kabid P2KM (Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca) Tri Wahyudi Huda, menyampaikan sekiranya demi kemajuan bangsa, perlu dilakukan segala upaya.

“Agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pada tingkat kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat,” katanya.

Sedikitnya ada 100 siswa yang turut berhadir dalam kegiatan roadshow kegemaran membaca. Dispersip Tanah Bumbu pun, memberikan apresiasi kepada Kepala SMAN 1 Simpang Empat sebagai tuan rumah.

“Siswa dimotivasi menjadi duta literasi di masyarakat, agar terjadi efek domino meningkatnya budaya membaca, menulis, berkarya, mencipta, problem solving terhadap permasalahan di masyarakat, berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu,” ungkap Kabid P2KM, pada Jumat (21/10/2022) di kantornya di Gunung Tinggi.

Pun demikian, civitas sekolah diinisiasi untuk mengembangkan gerakan literasi sekolah, melalui terobosan baru. Berinovatif dengan memanfaatkan teknologi dan informasi terbaru seperti pojok baca digital, e-book, e-perputakaan sekolah, e-learning dan metode lainnya.

Saat roadshow, Tri Wahyudi Huda memberikan materi tentang Indeks pembangunan literasi masyarakat dan tingkat kegemaran membaca Kabupaten Tanah Bumbu, implementasi dan solusi.

Disamping itu, hadir pemateri Duta Baca Tanah Bumbu, Ilham, dengan membawa materi Pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan potensi, minat, bakat (personal branding) bagi remaja.

Penyuluh perpustakaan, Kahar, juga menerangkan tentang materi Meningkatkan minat baca, kunci sukses remaja cerdas.

(slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *