Perhatikan Terhadap Pelayanan Masyarakat, Bupati Ingatkan Ketua RT Agar Laporkan Kondisi Wilayahnya ke Kades

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar bersama para RT di wilayah Kecamatan Satui menekankan pada saling koordinasi dengan Kepala Desa guna menyampaikan segala kondisi di wilayah masing-masing. (Foto: Diskominfo Tanbu/Korankalimantan.com)
Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar bersama para RT di wilayah Kecamatan Satui menekankan pada saling koordinasi dengan Kepala Desa guna menyampaikan segala kondisi di wilayah masing-masing. (Foto: Diskominfo Tanbu/Korankalimantan.com)

Dalam pertemuan Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar bersama para RT di wilayah Kecamatan Satui menekankan pada saling koordinasi dengan Kepala Desa guna menyampaikan segala kondisi di wilayah masing-masing.

Korankalimantan.com “RT itu adalah ujung tombak pemerintahan yang senantiasa menjadi acuan kepala desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati saat pertemuan bersama Forum RT di Aula Kecamatan Satui, Selasa (23/5/2023)

Terkait itu, Bupati Zairullah juga mengingat kepada para RT untuk terus mendukung program 1 Desa 1 Mesjid (SDSM) yakni dengan melaporkan kondisi mesjid yang menjadi tempat belajar para anak-anak selama ini.

“Kalau ada kerusakan dengan masjid itu segera dilaporkan lewat Kepala Desa langsung pada Camat atau kepada Sekda hingga Bupati untuk segera diperbaiki. Kalau seisi masjid itu bagus maka para anak lebih nyaman untuk belajar di situ,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati sangat mengapresiasi peran RT selama ini, namun peran dan tanggung jawabnya yang begitu kompleks di tengah masyarakat, dia akan merencanakan keseimbangan kesejahteraan berkenaan hal itu.

Keseimbangan itu antara lain yakni menaikkan insentif RT yang selama ini hanya Rp 1 juta maka akan dinaikkan menjadi Rp 1,5 Juta

Tandasnya, ini adalah sebuah persoalan yang harus diselesaikan terkait kesejahteraan RT, mengingat perannya juga termasuk mensupport kerja kepala desa yang sama-sama dipilih oleh rakyat.

“Untuk tahun depan 2024 sebagai tahap awal kita naikkan jadi Rp 1,5 Juta, dengan adanya kenaikan ini, BPD, Kades dan aparat nya juga naik, maka pemerintah daerah membutuhkan dana sekian puluh milyar,” terangnya.

Tugas selanjutnya ungkap Bupati, kepala desa diharapkan terus membangun silaturahmi ditengah masyarakat agar suasana tentram sesuai kultur budaya, karena di wilayah Tanah Bumbu berhuni dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

“Sedangkan tugas RT, disamping mendata jalan jalan rusak dan kondisi sosial masyarakat lainnya, termasuk orang yang tidak mampu ,dan jangan sampai di wilayahnya ada yang kelaparan, bila itu terjadi maka kita akan menanggung dosanya,” tutup Bupati.

Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H. Ambo Sakka.

(MC Tanbu/rth)

Respon (13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *