Pengamanan Aset Daerah, Tim Gabungan Tanah Bumbu Monitoring Overpass

Monitoring dan pengamanan overpass di Angsana, Rabu (5/1/2022). (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/korankalimantan.com)
Monitoring dan pengamanan overpass di Angsana, Rabu (5/1/2022). (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/korankalimantan.com)

Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan monitoring dan pengamanan aset daerah berupa overpass (jembatan penyeberangan), Rabu (05/01/2022) di Desa Banjarsari Kecamatan Angsana.

Korankalimantan.comMonitoring dari Pemkab Tanbu tergabung Dinas Perhubungan, Dinas PU PR dan Satpol PP setempat.

Dikatakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Rahmat Prapto Udoyo, tujuan dari monitoring itu tiada lain ingin mengamati struktur bangunan overpass yang selama ini dilintasi angkutan hasil tambang.

Dalam hasil monitoring itu sebutnya, ada beberapa hal yang ditemukan dari uji kelaikan di sana, antara lain struktur bangunan dianggap masih laik.

“Namun ada beberapa hal menjadi catatan yakni sisi keamanan, ternyata saat truk lewat itu kadang muatannya berceceran, dikhawatirkan bongkahan jatuh ke bawah atau jalan umum,” katanya.

Sementara itu dianggap berbahaya, dan dikhawatirkan pula bila ada kendaraan lewat dan tiba tiba ada jatuh bongkahan maka pasti berbahaya.

Selain itu hasil pengamatan dilakukan kemarin, maka ke depan yang dilakukan pemeliharaan lanjutan ataupun tambahan bangunan seperti pagar pengaman overpass sehingga tidak terjadi hal tidak diinginkan.

“Termasuk drainese, maka aliran air yang di atas ke bawah itu tidak tersumbat, dikhawatirkan nanti jalan umum yang ada di bawah juga terganggu,” tandasnya.

Kemudian, dalam hal ini pula, Pemkab Tanbu hanya sebatas pemeliharaan keamanan dan kebersihan, kelaikan struktur.

“Sebagai contoh, kalau ada slip mobil, tentu tak menjamin keselamatan pengendara yang dibawah dan perencanaan kedepannya itu yang harus kita antisipasi,” tutupnya.(korankalimantan.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *