MEMPRIHATINKAN, Jalan Menuju Kubah Datuk Kelampayan Gelap Gulita

Salah satu PJU di Desa Kelampayan Tengah, Astambul yang lama rusak dan tidak diperbaiki. (Foto: Dok. Korankalimantan.com)
Salah satu PJU di Desa Kelampayan Tengah, Astambul yang lama rusak dan tidak diperbaiki. (Foto: Dok. Korankalimantan.com)

Sudah sekitar dua tahun terakhir ini, sepanjang jalan menuju Makam Datuk Kelampayan, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, dari Desa Sungai Tuan hingga Desa Kelampayan Tengah, gelap gulita. Pasalnya, Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tersedia di sepanjang jalan itu sudah banyak yang rusak. Ironisnya, tidak mendapat perhatian dari pihak yang berwenang.

Korankalimantan.com Pemerintah Kabupaten Banjar mestinya peka terhadap persoalan publik yang terjadi di wilayahnya. Seperti PJU di Desa Sungai Tuan hingga Desa Kelampayan Tengah, Kecamatan Astambul, yang banyak rusak alias tidak berfungsi.

Sehingga, jalan desa menuju Kubah Datuk Kelampayan itu gelap gulita. Terlebih, belum lama lagi, usai lebaran akan digelar Haul Datuk Kelampayan.

Menurut warga Desa Kelampayan Tengah RT 3, Imam kepada koranbanjar.net, Selasa (30/1/2023), sudah sekitar 2 tahun terakhir, PJU di tepi jalan Desa Sungai Tuan hingga Desa Kelampayan Tengah RT 3 itu tidak menyala.

“Jalan gelap sekali, ditambah kondisi jalan yang rusak. Kasihan masyarakat,” ucapnya.

Terlebih saat pelaksanaan Haul Datuk Kelampayan, banyak masyarakat dari luar yang datang, sehingga kondisi PJU yang padam itu cukup memalukan. Begitu pula setiap Kamis malam (Malam Jumat) banyak warga yang ziarah ke Kubah Datuk Kelampayan.

Pastinya, kalau jalan gelap tentu mengundang tindak kejahatan alias rawan dengan tindak kriminal.

“Banyak masyarakat yang takut bila melintas di jalan itu. Karena gelap sekali,” imbuhnya.

Diakuinya, dulu PJU di Desa Sungai Tuan itu pernah diperbaiki, namun sekarang tidak menyala lagi. Akan tetapi, kalau PJU yang berada di Desa Kelampayan Tengah RT 3 memang sudah sejak lama rusak dan belum pernah diperbaiki.

“Masyarakat sangat berharap, Pemerintah Daerah dapat memperhatikan dan memperbaiki PJU-PJU yang tidak menyala itu. Karena sebentar lagi akan Haul Datuk Kelampayan lagi,” pungkasnya. (may)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights