Kafe Jalan Trikora Banjarbaru Operasikan ‘Dugem’, Disporabudpar Kecolongan atau Membiarkan?  

Selebaran yang beredar Opening Party di sebuah Kafe Jalan Trikora Banjarbaru.
Selebaran yang beredar Opening Party di sebuah Kafe Jalan Trikora Banjarbaru.

Sebuah kafe yang beroperasi di Jalan Trikora Kota Banjarbaru diduga melanggar peraturan Pemko Banjarbaru. Pasalnya, Rabu (11/5/2022) malam, kafe The NV menggelar acara opening party dengan mengadakan Disc Jockey (DJ) dan menghadirkan selebgram banua, yang disinyalir untuk dugem mania. Ironisnya, Disporadbudpar Banjarbaru membiarkan party itu berlangsung begitu saja.  

Korankalimantan.com – Adanya dugaan kafe di Jalan Trikora itu melanggar ketentuan berawal dari beredarnya sebuah video yang memperlihatkan sebuah tempat dengan kondisi remang-remang serta musik yang diputar DJ.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie mengatakan, pihaknya sudah mengetahui adanya informasi itu.

Dikatakan, pihaknya tidak ada sama sekali mengeluarkan soal izin kafe yang diduga melanggar ketentuan yang berlaku.

“Tidak ada rekomendasi dari Disporabudpar. Tapi memang mereka miliki izin, izinnya melalui pusat yaitu sistem OSS (Online Single Submission) dan melalui DPMPTSP Banjarbaru,” sebutnya.

Dijelaskan, ketentuan kafe menurutnya, tidak dibenarkan adanya disk jockey atau lampu yang remang-remang. Bahkan, sampai adanya minuman keras (miras) di tempat.

“Jika hanya kafe, boleh saja bila ada live musik atau organ tunggal. Itu layanan yang diberikan. Namun tidak dibenarkan adanya DJ, karena arahnya tendensius ke arah yang negatif,” jelasnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan evaluasi dan monitoring terkait temuan itu. “Akan kita lakukan pengawasan dan monitoring,” katanya.

“Yang pasti akan kita lakukan pemanggilan dulu kepada pengelolanya, untuk dimintai keterangan. Kita juga tidak segan memberikan Surat Peringatan (SP) jika masih melanggar,” tambahnya.(ari/may)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *