Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Gelar Sosialisasi One Day No Rice

Sosialisasi one day no rice atau satu hari tanpa nasi yang berlangsung di Gedung Sekretariat TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (16/11/2022). (Foto: Radioswarabersujud.com)
Sosialisasi one day no rice atau satu hari tanpa nasi yang berlangsung di Gedung Sekretariat TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (16/11/2022). (Foto: Radioswarabersujud.com)

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat,menggelar sosialisasi one day no rice atau satu hari tanpa nasi yang berlangsung di Gedung Sekretariat TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (16/11/2022).

Korankalimantan.com ā€“ Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu, Riduan.

Dalam sambutannya, Riduan mengatakan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi one day no rice, oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat.

Sosialisasi itu dianggap memiliki peran strategis dalam rangka melaksanakan program peningkatan diversifikasi pangan atau suatu usaha untuk mengajak masyarakat memberikan variasi terhadap makanan pokok yang dikonsumsi.

Saat ini, beras merupakan makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia dan sudah menjadi ketergantungan bagi kebanyakan orang yang mengkonsumsi sehingga muncul istilah apabila belum makan nasi maka belum dikatakan makan.

Guna meluruskan anggapan masyarakat tersebut maka perlu pemahaman secara proporsional tentang gizi, mutu, dan keamanan pangan agar dapat membantu masyarakat untuk memahami kandungan gizi dari ragam dan jenis pangan satu sama lain dapat saling menggantikan.

Sehingga, kecukupan gizi dari bahan baku dan produk pangan lain dengan kandungan yang sama bisa juga dikonsumsi serta tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi dalam tubuh seseorang.

Oleh karena itu, sosialisasi tersebut penting untuk dilakukan agar dapat mengurangi tingkat ketergantungan beras dan dapat menggantikannya dengan ragam jenis pangan lainnya serta dalam kesempatan kali ini juga mendatangkan narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan yakni Riza Rosadi, SP selaku Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal.

(slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *