Tapin  

Difasilitasi BPDPKS Peserta Pelatihan Kunjungi PT KIU di Tapin Tengah

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang – Kementerian Pertanian, peserta ikuti kegiatan Praktek Lapang atau Kunjungan Lapangan. (Foto : BBPP Binuang)

Guna menggali pengetahuan dan keterampilan lebih dalam terkait teknis budidaya kelapa sawit dengan difasilitasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang – Kementerian Pertanian, peserta ikuti kegiatan Praktek Lapang atau Kunjungan Lapang.

Korankalimantan.com – Kunjungan lapang diikuti oleh 34 peserta pelatihan teknis budidaya kelapa sawit angkatan II ke PT. Kharisma Inti Usaha (KIU) yang berlokasi di Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini juga didampingi Widyaiswara dan panitia dari BBPP Binuang. Kamis (11/07/2024).

Field Trip disambut hangat oleh General Manager PT. KIU, Makmur Simanungkalit, Manager PT. KIU 1 Siddik Hariyadi, Manager PT. KIU 2 Hery Siswanto dan Manager Plasma PT. KIU site Binuang Pulau Pinang, Normula Jimmy Sinambela. Didalam sambutannya Makmur S berpesan bahwasanya pengelolaan perkebunan di tanah rawa gambut memerlukan langkah teknis tersendiri.

“Pihaknya juga memfasilitasi peserta pelatihan dengan menyampaikan materi yang lengkap, dari hulu mengenai pembibitan hingga Hilir mengenai panen dan pengangkutan” ungkap Makmur S.

Saat menyampaikan materi kepada peserta langsung dilokasi perkebunan, Siddik Hariyadi, mengajak peserta field trip untuk meningkatkan kuantitas produksi kelapa sawit. “Pemeliharaan bibit yang berkualitas dan sesuai kondisi lahan akan mempengaruhi tingkat produksi yang dihasilkan,” paparnya.

Hery Siswanto juga menyampaikan materi pemupukan. Tujuan pemupukan yakni untuk meningkatkan produksi tanaman, “Kunci sukses pemupukan yaitu Tepat Waktu, Tepat Dosis, Tepat Cara, Tepat Jenis, dan Tepat Urutan,” tukasnya.

Kepala BBPP Binuang, Wahida Annisa Yusuf dalam kesempatan terpisah mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PT. KIU yang telah menerima kunjungan peserta pelatihan teknis budidaya kelapa sawit dengan baik. “Semoga tetap terjalin silaturahmi dan kegiatan ini berkelanjutan dikemudian hari” harapnya.

Materi terakhir pada field trip yaitu Panen dan Pengangkutan yang diberikan Manager Plasma PT. KIU site Binuang dan Pulau Pinang, Normula Jimmy Sinambela yang menerangkan prosedur sebelum panen hingga pengangkutan Tandan Buah Segar.

(TBS/irfan/ABS/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *